Jumat, 20 Juni 2014

4 RPP Matematika SMA Kurikulum 2013

Mulai Tahun Pelajaran 2014-2015 Kurikulum 2013 serentak dilaksanakan di seluruh sekolah di Indonesia. Untuk jenjang SMA, kurikulum 2013akan diberlakukan bagi kelas X dan kelas XI. Sedangkan untuk kelas XII masih tetap menggunakan KTSP 2006.
Elemen utama perubahan kurikulum 2013 adalah pada kompetensi lulusan, materi, proses dan penilaian. Berikut ini sedikit penjelasan singkatnya:

  1. Perubahan pada kompetensi lulusan adalah konstruksi holistik, didukung oleh semua materi atau mapel, terintegrasi secara vertical dan horizontal.
  2. Perubahan pada materi dikembangkan berbasis kompetensi  sehingga memenuhi aspek kesesuaian dan kecukupan, serta mengakomodasi konten lokal, nasional maupun internasional.
  3. Perubahan pada proses pembelajaran, mencakup a) berorientasi pada karakteristik kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan b) menggunakan pendekatan santifik dan c) mengutamakan discovery learning dan Project Based Learning.
  4. Perubahan pada penilaian mencakup berbasis tes dan non tes (portofolio), menilai proses dan output dengan authentic assessment, rapor memuat penilaian kuantitaif tentang pengetahuandan deskripsi kualitatif tentang sikap dan keterampilan

Tulisan saya kali ini tidak akan membahas tentang konsep-konsep pada kurikulum 2013 tetapi lebih menuju ke hal yang bersifat praksis saja yaitu pembuatan RPP.
Mengacu pada Permendikbud No 65/2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
RPP dikembangkan menyesuaikan dengan silabus dan buku, kondisi di satuan pendidikan, kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
Setiap  guru  di  setiap  satuan  pendidikan  berkewajiban  menyusun RPP untuk  mata pelajaran  yang diampu. Pengembangan  RPP  dapat dilakukan  pada  setiap  awal  semester  atau  awal  tahun  pelajaran, dengan  maksud  agar  RPP  telah  tersedia  terlebih  dahulu  dalam  setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.
Pengembangan  RPP  yang  dilakukan  oleh  guru  secara  mandiri dan/atau  secara  bersama-sama  melalui  musyawarah  guru mata pelajaran (MGMP) di dalam suatu sekolah  tertentu  difasilitasi  dan disupervisi  kepala  sekolah  atau  guru  senior  yang  ditunjuk  oleh kepala sekolah.
Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara berkelompok melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Komponen RPP

  • Identitas sekolah, mata pelajaran, kelas,
  • materi pokok
  • Alokasi waktu (merujuk silabus, dapat direkonstruksi sesuai program semester/tahunan)
  • Tujuan pembelajaran, Kompetensi inti dan/atau Kompetensi Dasar –indikator Pencapaian
  • Materi pembelajaran, Metode Pembelajaran
  • Media, Alat, dan Sumber Belajar
  • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  • Penilaian

Berikut ini saya uploadkan  RPP Matematika SMA kurikulum 2013 untuk Kelas X dan Kelas XIhasil dari pelatihan instruktur Nasional di PPPPTK Matematika Yogyakarta pada tanggal 5 Mei - 12 Mei 2014 kemarin, sebagai bahan perbandingan untuk bapak ibu guru dalam menyusun RPP. Harapannya dengan melihat RPP hasil pelatihan Instruktur Nasional ini bapak ibu guru bisa membuat RPP yang lebih baik dan kreatif lagi sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan dalam kurikulum 2013.
RPP Matematika SMA Kelas X Wajib
1. Eksponen bulat positif, negatif dan nol.docx 
1. Eksponen dan Logaritma.docx 
2. Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak.docx 
2. Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak2.docx 
3. Sistem Persamaan Linier.docx 
4. Matriks.docx 
5. Relasi dan Fungsi.docx 
6. Barisan Aritmetika.docx 
7. Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat.docx 
7. Persamaan Kuadrat.docx 
8. Trigonometri.docx 
8. Trigonometri2.docx 
9. Geometri.docx 
10. Limit Fungsi.docx 
10. Limit Fungsi2.docx 
11. Penyajian Data.docx 
11. Statistika.docx 
12. Peluang.doc 

RPP Matematika SMA Kelas XI Wajib
1. Program linear.docx 
2a. Fungsi Invers.docx 
2b. Fungsi Komposisi.docx 
3. Determinan dan Invers Matriks.docx 
4. Garis Sejajar.doc 
5. aturan sinus.docx 
6. Deret Tak Hingga.docx 
7. Statistika.docx 
8a. Aturan Perkalian.docx 
8b. Peluang.docx 
9. Lingkaran.docx 
10. Transformasi.docx 
11. Turunan.docx 
12. Integral.docx 



Terima Kasih Semoga Bermanfaat -_-

4 Comments

Unknown mengatakan...

terimakasih, sangat bermanfaat.
:)

Asuki Ai mengatakan...

Makasih banya.. :) sangat bermanfaat ^_^

Paktur.blogspot.com mengatakan...

pak saya butuh file rpp nya tapi saya tidak bisa mendownloadnya. mengapa?

Unknown mengatakan...

terimakasih....

Bagaimana Pendapat Anda ?